Friday, September 7, 2018

Korban Tewas Akibat Gempa Hokkaido Diperkirakan Bertambah

Korban meninggal karena gempa bumi yang mengguncang Hokkaido, Kamis (6/9/2018), diprediksikan makin bertambah. Sekarang ini sekitar sembilan orang diberitakan wafat, serta 30 yang lain dinyatakan hilang. Selain itu jumlahnya korban luka karena gempa bertambah mencolok. Dari angka 160 orang, sekarang sekitar 300 dinyatakan tengah mendapatkan perawatan

Gempa berkekuatan 6,7 taraf richter mengguncang Hokkaido seputar jam 03:00 pagi waktu ditempat, waktu sejumlah besar orang tengah terlelap. Menurut Petinggi tubuh meteorologi Jepang Toshiyuki Matsumori, pusat gempa terdeteksi dari seputar kota Atsuma.

Baca Juga : KA Tawang Alun dan Harga Tiket KA Tawang Alun

"Berdasar pada data seismic, kami menganalisa getaran di beberapa titik ini hari. Di kota Atsuma, yang dekat dengan pusat gempat alami rusaknya terparah. Terdaftar, di Atsuma guncangan gempa terarah sampai 7 taraf richter," papar Matsumori dikutip dari NHK.

Dekat dengan pusat gempa, Atsuma alami rusaknya sangat kronis. Longsor berlangsung di banyak titik serta mengubur beberapa puluh rumah.Berjalan-jalan menuju tempat juga hancur serta tidak mungkin dilewati kendaraan. Jaringan listrik serta jaringan komunikasi juga mati keseluruhan.

Sampai sekarang ini petugas masih tetap lakukan penelusuran beberapa korban dibawah longsor serta puing-puing. Selama ini, belumlah ada korban selamat yang diketemukan dari bawah timbunan tanah.

Baca Juga : Jadwal KA Tawang Alun dan KA Tawang Jaya

Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe memerintah dikerahkannya tentara ke lokasi bencana, terutamanya Atsuma. Sekarang ini terdaftar sekitar 4000 tentara ada di lokasi Atsuma. Jumlahnya itu dapat ditingkatkan sampai 25 ribu.

Tidak hanya personil, helikopter juga dikerahkan. Selama seharian Kamis (6/9/2018), helikopter mengevakuasi beberapa puluh masyarakat ke beberapa tempat penampungan yang telah disediakan.Transportasi publik di lokasi bencana lumpuh keseluruhan menyusul guncangan gempa 6,7 taraf richter. Berjalan-jalan utama hancur serta tidak mungkin untuk dilewati.

Semua penerbangan di bandara New-Chitose dibatalkan. Beberapa calon penumpang, termasuk juga masyarakat negara asing, juga diarahkan untuk tempati beberapa penampungan yang telah disiapkan di kota Chitose, yang juga alami rusaknya cukuplah kronis karena gempa.

Baca Juga : Harga Tiket KA Tawang Jaya dengan Jadwal KA Tawang Jaya

Sekarang ini terdaftar beberapa ribu bangunan alami rusaknya. Hampir tiga juta bangunan yang ada di lokasi bencana juga sekarang ini belumlah dapat dialiri listrik. Beberapa usaha telah dikerjakan pemerintah, akan tetapi akhirnya belumlah memuaskan. Menurut Menteri Ekonomi, Perdagangan serta Industri Hiroshige Seko pemulihan listrik di lokasi bencana itu memerlukan waktu lumayan lama.

No comments:

Post a Comment