Thursday, September 13, 2018

Impian Sungai Ciliwung Sebersih Cheonggyecheon Korsel

Kunjungan Joko Widodo ke Korea Selatan (Korsel) saat dua hari memunculkan ide. Saat jalan pagi di Seoul, ibu kota Korea Selatan, Selasa pagi, 11 September 2018, Presiden yang akrab dipanggil Jokowi itu melihat panorama di Sungai Cheonggyecheon.

Baca Juga : KM Leuser dan Harga Tiket KM Leuser

Jokowi demikian berkesan lihat Cheonggyecheon yang begitu bersih. Ia juga punya mimpi supaya Sungai Ciliwung yang membelah Kota Jakarta, dapat sebersih itu. Ditambah lagi, tahun 2003, keadaan Sungai Cheonggyecheon hampir serupa dengan Ciliwung. "Tapi ditangani kurun waktu dua tahun tiga bulan, sungainya menjadi begitu bersih lagi. Seperti jaman jaman dulu," tutur Jokowi.

Seperti apakah perbandingan Cheonggyecheon serta Sungai Ciliwung waktu 2003 serta saat ini? Baca Infografis di bawah ini:Dalam rentang 2003-2005, Pemerintah Kota Seoul dibantu dana swasta, membereskan tempat sungai dengan berhati-hati. Serta langkah berani mereka memberikan hasil membesarkan hati. Dari sisi pariwisata, ada juta-an orang bertandang ke Cheonggyecheon setiap tahun serta temperatur juga menyusut sampai 5 derajat Celsius.

Baca Juga : Harga Tiket Kapal KM Leuser dan KM Sinabung

Asian Development Bank menyebutkan pentingnya tekad politik untuk lakukan project seperti Cheonggyecheon, dan perbaikan skema transportasi, serta fokus pada kota hijau. Maksudnya supaya masyarakat dapat mendapatkan ruangan bersantai di dalam kota. Ini bisa tingkatkan kualitas hidup seorang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan siap wujudkan kemauan Jokowi jadikan Kali Ciliwung serupa Sungai Cheonggyecheon di Seoul, Korea Selatan. Anies akan selekasnya membereskan permasalahan lingkungan di Sungai Ciliwung.

Baca Juga : Jadwal KM Sinabung dengan Jadwal Kapal KM Sinabung

"Kita mesti bereskan," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu, 13 September 2018. Sekarang ini, Pemerintah Propinsi DKI tengah membuat serta mempersiapkan jalan keluar untuk menangani persoalan Sungai Ciliwung. Anies ingin membuat Ciliwung tidak cuma tampak indah, tetapi juga kurangi pencemaran sungai di Jakarta.

No comments:

Post a Comment